Media Pembelajaran Fisika

Ketika siswa tertarik menggunakan komputer dan teknologi komunikasi  dan  informasi (TIK). Kita  dapat menghubungkan  komputer dan gejala fisika untuk mempelajari fisika, pendidikan semacam ini akan menjadi sangat menarik bagi siswa dan kita dapat menganggap bahwa pengetahuan mereka dalam fisika akan lebih baik. Pemanfaatan TIK dalam pendidikan fisika membantu para siswa untuk bekerja lebih aktif dan mendukung mengembangkan pemikiran kreatif mereka.

Teknologi multimedia telah menunjukkan potensinya dalam pengajaran mata pelajaran ilmiah. Teknik-teknik baru menarik perhatian siswa, memungkinkan proses mudah dan cepat belajar. Fisika dan teknologi sering dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit. Alat multimedia interaktif dengan presentasi komputer, simulasi, animasi dan film, sangat efektif dalam mengajar fisika.

Belajar menggunakan komputer (e-learning) dapat membantu siswa untuk bekerja secara mandiri dan imajinatif. Program interaktif dalam teknologi dapat mengembangkan kreativitas siswa dan membuat siswa berpikir kreatif, sehingga dapat mendorong mereka untuk bereksperimen, dan menganalisis film dan video mereka sendiri.

Dalam menggunakan perangkat lunak komputer, guru dapat dengan mudah menunjukkan hubungan antara fungsi matematika dan dunia nyata yang  dijelaskan oleh fisika. Memanfaatkan program komputer yang berguna dalam analisis fisik proses sebenarnya adalah salah satu cara bagaimana kita dapat memperkuat kompetensi siswa.

Ada banyak software yang dapat digunakan dalam pembelajaran fisika, diantaranya:

  1. Modellus
  2. Logger Pro
  3. Audacity
  4. Overtone Analyzer
  5. Tracker

Software di atas dapat diunduh secara gratis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s